Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Pekarangan Untuk Pengembangan Pangan

BATU – Dalam rangka mengetahui perkembangan kegiatan Pemanfaatan Pekarangan Untuk Pengembangan Pangan atau yang lebih dikenal dengan kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), pada bulan Februari 2020 Seksi Konsumsi Pangan Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kota Batu melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi di 24 kelompok di 24 Desa/ Kelurahan se-Kota Batu.

Dari hasil monitoring dan evaluasi kegiatan Pemanfaatan Pekarangan Untuk Pengembangan Pangan diperoleh hasil bahwa beberapa kelompok mengalami perkembangan yang cukup baik namun beberapa kelompok perkembangannya kurang baik.

Perkembangan kelompok yang cukup baik dilihat dari peningkatan konsumsi sayuran dari hasil kegiatan pemanfaatan pekarangan (KRPL), bertambahnya jumlah anggota kelompok, bertambahnya jumlah jenis tanaman yang dikembangkan, sudah ada kegiatan penjualan dari hasil pemanfaatan pekarangan, dan bertambahnya jumlah kas kelompok. Bahkan kelompok KRPL di Kelurahan Dadaprejo dan di Kelurahan Ngaglik telah mengembangkan pengolahan pangan dari hasil pemanfaatan pekarangan yang berupa minuman dari sayuran dan mie sayuran. Kelompok yang tidak berkembang antara lain dapat dilihat dari jumlah tanaman yang berkurang, partisipasi anggota rendah, tanaman kurang beragam, dan belum ada kegiatan penjualan dari hasil pemanfaatan pekarangan.

Hal yang menggembirakan, kegiatan ini telah menarik minat warga lain yang belum tergabung di kegiatan ini untuk melaksanakan kegiatan serupa, sehingga semakin luas kawasan pemanfaatan pekarangan (KRPL) di lingkungan kelompok.