• December 2, 2020
0 Comments

BATU – Pedang Bang Maskin merupakan inovasi bidang ketahanan pangan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Ketahanan Pangan Kota Batu. Kegiatan “Pedang Bang Maskin” meliputi pengadaan beras, pengelolaan dan penyaluran cadangan pangan beras. 

Pengadaan beras dilakukan untuk mengisi stok gudang cadangan pangan pemerintah di Kota Batu sebesar ± 320 ton/tahun.  Pengelolaan dan penggunaannya apabila tidak ada keadaan darurat atau bencana alam maka sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2015 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi yang ditindak lanjuti dengan Peraturan Walikota Batu Nomor 16 tahun 2017 tentang Pengadaan, Pengelolaan dan Penyaluran Cadangan Pangan, maka penyaluran cadangan pangannya  diberikan kepada masyarakat miskin rawan pangan yang telah diverifikasi sebesar 10 kg/KK beras tiap bulan.

Penyaluran bantuan pangan beras dilakukan setiap bulan di 24 Desa/Kelurahan kepada masyarakat miskin penerima manfaat. Pada bulan Juli 2020 beras yang dibagikan kepada masyarakat adalah sejumlah 24.440 kg, masing-masing Kecamatan Batu sejumlah 8.910 kg, Kecamatan Junrejo sejumlah 6.030 kg dan Kecamatan Bumiaji sejumlah 9.490 kg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *