• December 2, 2020
0 Comments

Upaya mengurangi angka kemiskinan seringkali dikaitkan dengan perlunya bantuan modal dalam bentuk uang (financial capital). Padahal keberhasilan seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya juga sangat dipengaruhi oleh jenis modal lainnya, yaitu personal capital (motivasi, persepsi dan perilaku positif, pengetahuan, keterampilan) dan yang tidak kalah pentingnya adalah social capital.

Oleh karenanya, strategi pengentasan kemiskinan harus dikaitkan dengan membangun ketiga jenis modal tersebut, dimana menempatkan kaum miskin sekaligus sebagai subjek pelaku agar dapat mendorong kemampuan warga miskin dalam mewujudkan ketahanan pangan dan gizi keluarganya sehingga dapat menjalani hidup sehat dan produktif.

Dinas Ketahanan Pangan Kota Batu Tahun Anggaran 2020 melalui Kegiatan Pengembangan Masyarakat Mandiri Pangan memberikan bantuan sosial berupa Sarana Budidaya Ternak Domba kepada beberapa warga miskin sebanyak 12 KK. Fasilitasi pemerintah melalui bantuan sosial, diharapkan mampu mengoptimalkan sumber daya alam, sumber daya manusia, dana, teknologi dan kearifan lokal untuk menggerakan sistem ketahanan pangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *